Pilih Mobil Penggerak Roda Depan Atau Mobil Penggerak Roda Belakang?

Mobil penggerak roda depan dan mobil penggerak roda belakang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

131
views
mobil mercy bekas proven-exclusivity
mobil mercy bekas proven-exclusivity. Sumber: mobil123.com

Beberapa tahun terakhir ini, konsumen mobil Indonesia, terutama konsumen mobil berjenis LMPV dibingungkan dengan pilihan akan memilih mobil dengan penggerak roda depan ataukah penggerah roda belakang?

Kebingungan para konsumen ini tentu tak lepas dari semakin banyaknya pilihan mobil LMPV yang memilih menggunakan penggerak roda depan daripada menggunakan penggerak roda belakang.

Bahkan, dikalangan masyarakat-pun juga sudah terlanjur tertanam jika mobil dengan penggerak roda belakang lebih baik daripada mobil dengan penggerak roda depan, bahkan adapula yang mengatakan sebaliknya.

Pilih mobil penggerak roda depan atau mobil penggerak roda belakang?

Lalu sebenarnya, bagaimanakah sebenarnya dan mana yang lebih baik?

Seperti yang dilansir oleh Otosia.com (18/11/2017), Manajer Umum Eksekutif PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menyampaikan kenyataan tersebut.

Menurut Fransiscus Soerjopranoto, produsen mobil memilih menggunakan penggerak roda depan biasanya karena mobil yang diproduksi tersebut diperuntukkan untuk kenyamanan dan akselerasi. Tetapi mobil dengan penggerak roda depan biasanya lebih lemah dalam mengangkut beban yang cukup berat.

Sebaliknya, produsen mobil memilih menggunakan penggerak roda belakang jika mobil yang diproduksinya tersebut lebih diutamakan untuk mengangkut beban yang berat dan sering melewati medan yang berat.

“Penggerak belakang secara beban lebih bagus, lebih mampu untuk angkat beban lebih banyak. Tapi akselerasinya kurang. Jadi masing-masing punya keunggulan,” ungkap Manajer Umum Eksekutif PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli mobil dengan penggerak roda depan atau penggerak roda belakang, lebih baik jika menganalisa terlebih dahulu kebutuhan mobil akan digunakan untuk mengangkut beban yang berat misal sering bermuatan penuh ataukah tidak.